Cara Memilih Kursi Bus AKAP dengan Benar

Cara Memilih Kursi Bus AKAP dengan Benar – Bus AKAP kini menjadi sebuah sarana transportasi publik darat palinh favorit dari masa transisi penumpang kereta api dan pesawat terbang. Memilih kursi bus AKAP yang tepat akan menambah kenyamanan Anda. Bepergian dengan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) merupakan salah satu pilihan yang sangat ekonomis untuk berwisata.

Bus AKAP
Bus AKAP

Penumpang Bus AKAP tidak perlu capek-capek lagi dalam menyetir, karena Anda bisa menaiki bus AKAP untuk ke luar kota. Misalnya, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya melalui jalan tol Trans Jawa. Bisa menghabiskan banyak bahan bakar dan biaya tol. Tarif tol dari Jakarta-Surabaya juga bisa mencapai Rp. 718.500.00 sekali jalan. Belum lagi biaya bahan bakar yang sangat mahal.

Waktu tempuhnya juga cepat, untuk Jakarta-Surabaya lewat tol Trans Jawa bisa ditempuh dalam waktu 9-10 jam. Naik bus AKAP bisa menjadi sebuah pilihan untuk perjalanan darat. Selain tol Trans Jawa, bus AKAP juga menjangkau kota-kota besar di Jawa sebagai titik boarding dan turun. Sehingga memudahkan mobilitas masyarakat yang belum terjangkau oleh stasiun kereta api.

Beberapa Cara Memilih Kursi Bus AKAP dengan Benar

Hindari Kursi Paling Depan dan Paling Belakang

Memilih kursi bus AKAP memiliki keuntungan bagi Anda yang sedang landsick, sebaiknya jangan duduk di belakang atau di depan karena goyangan bus paling terasa. Hal ini justru akan membuat Anda semakin mual. Jika ingin duduk di kursi barisan depan agar bisa melihat jalan di depan, lebih baik lagi minum obat anti mabuk. Urutan terdepan yang bisa Anda pilih adalah nomor 1 sampai 4.

Jika Anda bepergian sendiri, hindari kursi belakang. Kemungkinan menjadi korban pencopetan atau kejahatan semakin besar. Namun, kendaraan ini sudah dilengkapi kamera CCTV dan kursi belakang yang biasanya digunakan oleh kru cadangan. Hal yang tidak akan mengenakkan adalah pada saat mendapatkan jok belakang adalah goncangan dan getaran mesin bus yang paling terasa.

Namun, Anda tidak akan terganggu oleh penumpang yang masuk dan keluar kabin. Semua penumpang pasti tidak mengharapkan kecelakaan terjadi selama perjalanan. Tapi apa salahnya berhati-hati? Anda harus menghindari kursi depan dan juga belakang. Karena biasanya tabrakan terjadi di bagian tersebut. Penumpang yang duduk di sana bahkan lebih rentan menjadi korban.

Apa Saja Cara Memilih Kursi Bus AKAP dengan Benar?

Pilih Kursi yang Dekat dengan Lorong

Memilih tempat kursi yang sangat nyaman adalah dengan cara berada di dekat lorong. Anda bisa duduk dengan kaki terentang, dan memiliki lebih banyak kebebasan saat ingin keluar. Posisi yang satu ini juga membuat risiko terkena pecahan kaca saat terjadi kecelakaan menjadi lebih kecil. Juga risiko tertabrak dari kendaraan lainnya akan jauh lebih kecil daripada duduk di dekat jendela.

Dengan duduk di dekat lorong, maka Anda bisa memiringkan kaki agar jauh lebih fleksibel. Posisi yang satu ini sangat cocok untuk orang yang memiliki postur tinggi. Karena biasanya jarak antara kursi dengan kursi yang ada di depannya tidak terlalu jauh, sehingga kaki seolah-olah tertekan.

Kursi Deretan Tengah adalah Posisi Nyaman

Tiga lajur dari depan hingga tiga lajur dari belakang adalah posisi paling nyaman untuk bepergian dengan bus. Ini adalah kursi baris tengah yang nyaman. Jika ingin perjalanan tidak terganggu saat menggunakan kendaraan ini, Anda bisa memilih duduk di tengah. Posisi tengah yang senyap ini disebabkan letak bangku di antara roda depan dan belakang. Hal ini juga membuat duduk di posisi tengah ini minim getaran, sehingga cocok bagi Anda yang ingin beristirahat selama perjalanan.

Naik Bus Double Decker, Pilih Deck Atas

Jika naik Bus AKAP tingkat, pilihlah dek atas, terutama jika Anda ingin melihat pemandangan dari jalan, sebaiknya pilih kursi depan. Jika ingin nyaman dan tidak merasakan goncangan, Anda bisa memilih jok tengah, minimal 3-4 baris dari depan di dek atas. Posisi shock paling kecil ada di dek atas, barisan belakang. Dek bawah juga cocok untuk Anda yang ingin beristirahat karena jauh dari tangga menuju dek atas dan posisinya berada di tengah bus tepat di belakang supir bus itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.